Recent posts

Update AVG Anti-Virus Free

9:36 AM 0 Comments


Catatan: Tips ini hanya berlaku bagi pengguna AVG Free yang komputernya tidak selalu atau tidak pernah terkoneksi dengan jaringan internet, tetapi pengguna memiliki akses ke komputer lain yang selalu terkoneksi internet dan terinstal juga AVG Free.

Jika anda pemakai anti virus AVG Free sedangkan komputer yang anda miliki tidak memiliki koneksi internet, tentu rutinitas download update AVG Free bisa menjadi sesuatu yang tidak praktis dan mungkin juga susah.

Namun jika ternyata di tempat kerja anda tersedia komputer yang juga memakai AVG Free serta selalu konek internet atau di warnet terdekat tiap-tiap komputer klien terinstal AVG Free, maka anda tidak perlu lagi sering-sering mendownload file update di situs Grisoft. Kenapa?

Sebenarnya download update terbaru yang dilakukan oleh AVG Free di komputer yang selalu terhubung internet sudah ada di dalam komputer tersebut. Tentu saja penempatan filenya tidak akan mudah terlihat.

Cobalah menggunakan Windows Explorer untuk melihat folder "C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Grisoft\Avg7Data\upd7bin". Nah, di situ akan banyak ditemui file berekstensi '.bin'.

Semakin lama AVG Free terinstal di komputer itu, maka berarti semakin banyak file update yang ada di folder itu. Anda tinggal mengkopi folder itu, lalu gunakan untuk meng-update AVG Free di komputer anda yang tidak konek internet.

Langkah ini lebih baik dibandingkan men-download file update di situs free.grisoft.com. Mengapa?

Jika anda masuk ke halaman update free.grisoft.com, maka anda akan melihat tulisan di bawah ini pada bagian tips:
"We recommend that you update directly from your AVG Free application by clicking on the Check for Updates button. Your AVG will then automatically update. Manual update from the website is not recommended unless you have a specific need to do so."

Kita tidak tahu update modul yang mana dalam software AVG Free yang dibutuhkan. Celakanya lagi, banyak orang yang tidak menyadari yang di download adalah bukan file .bin untuk AVG Free, tetapi untuk AVG Pro. File update kedua jenis AVG itu sama-sama berekstensi .bin juga. Oleh karena itu, kadang-kadang setelah dilakukan update malah Windows jadi lamban dan bahkan muncul peringatan virtual memori Windows sangat rendah.

Jika hal itu terlanjur terjadi, maka uninstall AVG Free atau carilah update yang tepatuntuk memperbaiki modul AVG Free yang kacau.

Selain itu, langkah ini tentu saja menghemat waktu anda. Cuman tinggal copy-paste saja sudah selesai.

Kadang-kadang langkah ini tidak bisa menjadikan AVG Free anda 100% sama dengan status AVG Free komputer sumber file update tersebut, tapi setidaknya database virusnya tidak tertinggal jauh dari database terbaru. Yang jelas, AVG Free anda tetap bisa bekerja dengan baik dan komputer anda terhindar dari gangguan akibat update yang keliru.


Ahsan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: